• Jl. Gubeng Kertajaya X C No.19, Surabaya
  • kritiksaran@serviskita.com
  • March 17, 2023
  • 0 Comments

Masalah yang sering muncul pada laptop adalah overheating atau kelebihan panas pada sistemnya. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen laptop, bahkan dapat membuat performa laptop menjadi lambat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

1. Bersihkan Kipas Pendingin Laptop Anda

Kipas pendingin adalah salah satu komponen penting dalam laptop Anda untuk mendinginkan suhu pada sistemnya. Jika kipas pendingin laptop Anda kotor atau berdebu, maka kinerjanya akan menurun dan suhu pada sistem akan meningkat. Bersihkan kipas pendingin secara berkala agar dapat berfungsi dengan optimal.

2. Letakkan Laptop di Tempat yang Tepat

Letakkan laptop di tempat yang baik untuk sirkulasi udara. Hindari menaruh laptop di atas permukaan empuk seperti kasur atau sofa, karena hal ini dapat memperburuk sirkulasi udara. Sebaiknya letakkan laptop pada permukaan yang keras seperti meja atau lantai.

3. Kurangi Beban Kerja Laptop

Laptop yang bekerja terlalu keras dapat menyebabkan overheating pada sistemnya. Kurangi beban kerja laptop dengan menutup program yang tidak diperlukan, mematikan layanan yang tidak digunakan, atau menambahkan RAM.

4. Periksa Kabel Charger

Kabel charger yang rusak atau tidak cocok dengan laptop dapat menyebabkan overheating. Pastikan kabel charger Anda dalam kondisi baik dan cocok dengan laptop Anda.

5. Menggunakan Cooling Pad

Jika laptop Anda sering mengalami overheating, menggunakan cooling pad bisa menjadi solusi. Cooling pad adalah perangkat tambahan yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara dan mendinginkan laptop.

Dengan menerapkan tips yang dijelaskan di atas, Anda dapat mengatasi masalah overheating dan menjaga laptop Anda berfungsi dengan baik. Dengan demikian, aktivitas sehari-hari tidak akan terganggu lagi oleh permasalahan ini. Klik link untuk info yang lebih lanjut.

Previous Post
Tips Merawat Laptop Bagi Perusahaan Web Developer
Next Post
Perbedaan Intel Xeon Dan Core

Leave a Comment