• Jl. Gubeng Kertajaya X C No.19, Surabaya
  • kritiksaran@serviskita.com
  • July 31, 2021
  • 0 Comments

Merawat laptop dengan baik sangat penting bagi perusahaan web developer, karena laptop adalah alat utama dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa tips dan pentingnya merawat laptop bagi perusahaan web developer:

Pastikan Kondisi Laptop Mati Ketika dibawa Bepergian

Kebanyakan dari kita cenderung langsung menutup layar laptop dan memasukkannya ke dalam tas saat hendak pergi. Ini memungkinkan pekerjaan tetap terbuka dan menghindari waktu yang lama saat laptop dihidupkan kembali. Namun, jika hendak membawa laptop bepergian, terutama jarak jauh, sebaiknya matikan laptop sepenuhnya (shutdown). Meskipun mode tidur (sleep) atau menutup layar tetap memungkinkan beberapa komponen tetap aktif, mematikan laptop akan mencegah risiko overheat saat ditempatkan dalam tas untuk waktu yang lama.

Jangan Gunakan Laptop Baterai Kurang dari 20% atau sampai Laptop Mati

Cara pemakaian laptop dengan benar saat menggunakan baterai melibatkan tindakan seperti menghindari penggunaan hingga baterai benar-benar habis atau laptop mati. Menunggu hingga baterai benar-benar habis saat proses pengisian dapat memperpanjang waktu pengisian dan menghabiskan lebih banyak energi. Disarankan untuk mengisi baterai saat mencapai 30%-20% agar mengurangi beban baterai dan memperpanjang umur baterai, sambil meminimalkan risiko kerusakan pada baterai laptop.

Gunakan Laptop ditempat yang Benar dan Aman

Selain memperhatikan kondisi laptop, penting juga untuk menggunakan laptop dengan benar dan aman berdasarkan tempatnya. Hindari penggunaan laptop di atas kasur atau sofa yang memiliki permukaan tidak datar dan padat. Hal ini mencegah gangguan aliran udara dan pemanasan berlebih di laptop, yang dapat menyebabkan overheating. Juga, hindari makan dan minum dekat laptop karena tumpahan atau kontak tidak sengaja dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan.

Bersihkan Laptop Secara Rutin

Menjaga kebersihan laptop adalah hal yang penting. Membersihkan laptop secara rutin membantu menjaga komponen tetap awet dan tampilan tetap menarik. Penggunaan kuas untuk debu dan kapas dengan alkohol untuk bodi laptop adalah cara yang umum dilakukan. Kapas lebih baik daripada tisu karena lebih lembut dan mengurangi risiko goresan. Penggunaan cotton bud membantu membersihkan sudut-sudut sempit pada laptop.

Rutin Memperbarui Sistem Operasi atau Aplikasi

Beberapa pengguna laptop ragu untuk mengupdate aplikasi atau software karena khawatir tentang penggunaan kuota atau penyimpanan yang terisi. Namun, rutin melakukan update sistem operasi dan aplikasi sebenarnya penting untuk menjaga kinerja laptop. Ini tidak hanya mengoptimalkan performa laptop, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan fitur-fitur baru yang diperbarui oleh pengembang. Selain itu, update juga membantu mencegah potensi kerusakan pada sistem operasi laptop.

Setelah membaca artikel ini, harapannya adalah pembaca dapat mengambil manfaat dari informasi ini. Penting untuk tidak meremehkan kondisi laptop dan lebih memperhatikannya. Merawat laptop dengan baik dapat mencegah risiko kerusakan dan pengeluaran tambahan untuk servis atau penggantian perangkat keras. Klik link untuk informasi lebih lanjut.

Previous Post
Cara Perusahaan Web Developer Mengatasi Laptop Hang
Next Post
Mengatasi Overheating Pada Laptop