• Jl. Gubeng Kertajaya X C No.19, Surabaya
  • kritiksaran@serviskita.com
  • March 20, 2023
  • 0 Comments

Intel Xeon dan Intel Core adalah dua pilihan CPU populer yang ditawarkan oleh Intel untuk komputer. Keduanya memiliki perbedaan dalam desain dan tujuan penggunaannya. Artikel ini membahas perbedaan antara keduanya serta membantu Anda memilih CPU yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Tujuan

Perbedaan utama antara prosesor 2 cpu ini adalah tujuan penggunaannya. Prosesor Intel Xeon dirancang untuk server dan workstation, sedangkan prosesor Intel Core dirancang untuk komputer desktop dan laptop.

2. Core dan Thread

Prosesor Intel Xeon biasanya memiliki lebih banyak inti dan utas daripada prosesor Intel Core. Ini karena server dan workstation memerlukan lebih banyak daya pemrosesan untuk menangani banyak pengguna dan aplikasi secara bersamaan. Misalnya, prosesor Intel Xeon dapat memiliki hingga 28 inti dan 56 utas, sedangkan prosesor Intel Core dapat memiliki hingga 8 inti dan 16 utas.

3. Kecepatan Jam

Prosesor Intel Core umumnya memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi daripada prosesor Intel Xeon. Ini karena komputer desktop dan laptop memerlukan kecepatan pemrosesan yang lebih cepat untuk aplikasi single-threaded seperti game, penelusuran web, dan pengeditan video. Sebaliknya, server dan workstation memprioritaskan kinerja multi-threaded daripada kinerja single-threaded.

4. Cache

Prosesor Intel Xeon umumnya memiliki cache yang lebih besar daripada prosesor Intel Core. Cache adalah sejumlah kecil memori berkecepatan tinggi yang digunakan CPU untuk menyimpan data yang sering diakses. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja dengan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan CPU untuk menunggu data diambil dari memori sistem yang lebih lambat

5. Harga

Prosesor Intel Xeon umumnya lebih mahal daripada prosesor Intel Core. Ini karena mereka dirancang untuk aplikasi kelas atas dan beban kerja yang memerlukan lebih banyak daya pemrosesan. Selain itu, prosesor Intel Xeon seringkali memerlukan motherboard khusus dan komponen lain, yang dapat menambah biaya keseluruhan sistem.

6. Dukungan Memori ECC

Prosesor Intel Xeon mendukung memori ECC (Error Correcting Code), yang dapat membantu mendeteksi dan memperbaiki kesalahan dalam penyimpanan dan transmisi data. Ini penting untuk server dan workstation yang menangani data dan aplikasi penting, karena membantu memastikan integritas dan keandalan data. Sebaliknya, prosesor Intel Core tidak mendukung memori ECC.

Penutup

Kesimpulannya, pilihan antara kedua jenis prosesor ini tergantung pada kebutuhan spesifik Anda. Untuk komputer desktop atau laptop, prosesor Intel Core dapat lebih menguntungkan karena kecepatan clock yang tinggi dan harga yang lebih terjangkau. Di sisi lain, jika Anda memerlukan kinerja multi-threaded dan dukungan memori ECC untuk server atau workstation, prosesor Intel Xeon mungkin lebih cocok meskipun dengan biaya yang lebih tinggi. Klik link untuk info selengkapnya.

Previous Post
Mengatasi Overheating Pada Laptop
Next Post
Cara Memasang WaterCooling Pada PC

Leave a Comment