• Jl. Gubeng Kertajaya X C No.19, Surabaya
  • kritiksaran@serviskita.com
  • April 2, 2024
  • 0 Comments

Rata-rata masyarakat menggunakan sistem operasi Windows untuk perangkat laptop atau komputer mereka. Sayangnya hal ini dapat dijadikan celah oleh beberapa oknum untuk membuat dan menjual Windows bajakan. Agar terhindar dari oknum-oknum yang memanfaatkan kepopuleran sistem operasi ini, kamu perlu mengetahui apa saja perbedaan Windows original dan bajakan.

Penggunaan Windows bajakan akan menimbulkan beberapa dampak. Sebut saja ada ancaman virus, fitur yang kurang lengkap, tidak ada dukungan update windows, hingga harus instal ulang berkali-kali. Terdapat beberapa petunjuk yang tampak untuk mengetahui perbedaan keduanya, mulai dari segi tampilan, latar belakang, program, dan sebagainya.

Kamu bisa meminta tenaga profesional untuk melakukan pemeriksaan atau bisa juga memeriksanya secara mandiri. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan Windows original dan bajakan.

Tampilan Minor Windows Original dan Bajakan

Pada kebanyakan Windows bajakan terjadi penurunan kualitas ta,pilan akibat dari proses modifikasi file instalasi. Namun, hal itu tidak akan mengganggu aktivitas dalam pemakaian umum. Perbedaannya akan sangat terasa jika digunakan untuk rutinitas seperti bekerja kreatif atau bermain game.

Notifikasi

Ini merupakan cara yang paling mudah. Pada Windows bajakan biasanya terdapat notifikasi peringatan yang berisi kalimat “Aktifkan Windows: Buka Pengaturan untuk Mengaktifkan Windows”.

Keamanan Windows Original dan Bajakan

Windows original memiliki fitur keamanan yang kuat dan diupdate secara teratur agar pengguna terlindungi dari segala jenis ancaman. Pihak Microsoft secara rutin dan aktif melacak ancaman keamanan dan mengatasinya pada sistem operasi mereka. Oleh karena itu, mereka selalu menyediakan pembaruan untuk memperbaikinya. Berbeda dengan Windows bajakan yang tidak mempunyai dukungan resmi sehingga akan menimbulkan berbagai ancaman virus bagi penggunanya.

Update

Selain pada sistem, Microsoft juga melakukan update secara teratur pada sistem operasi Windows yang original. Pembaruan menjadi hal yang penting untuk perbaikan keamanan, peningkatan kinerja, dan tambahan fitur baru untuk menjaga sistem. Pada Windows bajakan beberapa ada yang masih menerima update dan ada beberapa yang tidak menerima update.

Support

Wondows original mendapatkan dukungan teknis secara resmi dadi Microsoft. Pengguna dapat langsung melapor jika ada masalah atau pertanyaan terkait Windows kepada Microsoft. Sedangkan untuk pengguna Windows bajakan tidak terdapat akses untuk dukungan resmi, sehingga akan sulit untuk menyelesaikan masalah.

Fleksibilitas

Banyak fungsi fleksibilitas yang hilang pada Windows bajakan karena tidak ada akun Microsoft yang menghubungkan berbagai fitur, konten, aplikasi, dan update.

Perbedaan Harga Windows Original dan Bajakan

Windows oroginal sudah tentu lebih mahal dibandingkan dengan Windows bajakan. Hal inilah yang menjadi alasan banyak orang lebih tertarik pada produk bajakan.

Kesimpulan dari perbedaan Windows original dan bajakan adalah bahwa produk asli lebih aman dan keuntungan yang didapatkan juga lebih banyak. Memakai Windows bajakan memang dari segi harga lebih murah, tetapi terdapat banyak resiko yang harus dihadapi. Informasi lengkap mengenai perangkat laptop atau komputer dapat dilihat di sini!

Previous Post
Penyebab Laptop Overheat

Leave a Comment