• Jl. Gubeng Kertajaya X C No.19, Surabaya
  • kritiksaran@serviskita.com
  • July 31, 2021
  • 0 Comments

Perusahaan web developer, seperti halnya perusahaan teknologi lainnya, dapat menghadapi masalah laptop yang mengalami hang atau kinerja yang lambat.

Alasan Mengapa Laptop Windows Menjadi Hang

Ada berbagai alasan yang menyebabkan sistem komputer Anda membeku, crash, hang atau bekerja lamban. Jadi, berikut adalah beberapa alasan umum untuk masalah komputer yang hang yang terjadi secara acak :

  • Karena driver laptop sistem sudah ketinggalan zaman atau tidak di update
  • Adanya infeksi virus atau malware
  • Kurangnya ruang memori
  • Sistem  jadi terlalu panas
  • Perangkat lunak telah usang
  • Masalah hard drive
  • Menjalankan program yang tidak perlu
  • Tidak menginstal pembaruan Windows terbaru

Berikut ini cara memulihkan masalah serta cara mencegahnya terjadi di masa mendatang :

Memberi Waktu Tenang

Jika melakukan tugas CPU-intensif, terkadang terjadi jeda sementara. Jika komputer benar-benar terkunci, beri waktu pada sistem untuk pulih. Beberapa menit bisa membantu menyelesaikan tugas. Jangan panik, beri jeda dan biarkan komputer berfungsi kembali. Pastikan mouse tidak bermasalah, seperti terlepas atau baterai habis, yang bisa membuat terkesan komputer macet.

Akhiri Program yang Tidak Penting

Jika Windows tetap bermasalah setelah pulih, pilihan umum adalah menggunakan “End Task”. Tekan Ctrl + Alt + Delete, pilih Task Manager, dan akhiri program yang tidak merespons dengan mengklik “End Task”. Anda bisa menutup program bermasalah atau semua program. Jika masalah terjadi saat program tertentu, pertimbangkan menghapusnya atau mencari alternatif. Jika programnya memakan sumber daya, pertimbangkan memperbarui perangkat keras.

Periksa Browser Task Manager Anda

Terkadang browser dapat macet pada halaman tertentu meskipun komputer berfungsi baik. Gunakan Task Manager browser. Di Chrome, tekan Shift + Esc untuk mengakses pengelola tugas Chrome. Di Firefox, buka menu, pilih “More”, lalu “Task Manager”. Ini memungkinkan Anda melihat proses dalam browser, mengidentifikasi sumber masalah seperti halaman atau ekstensi yang mempengaruhi kinerja, serta penggunaan CPU dan memori.

Reboot dan Jalankan Laptop Kembali

Ctrl + Alt + Delete adalah langkah umum ketika komputer macet, tetapi jika tidak berhasil, pengaturan ulang paksa mungkin diperlukan. Tekan dan tahan tombol daya untuk mematikan komputer, lalu nyalakan kembali. Jika ingin memulihkan pekerjaan, program seperti Excel dan Word memiliki fitur penyimpanan cadangan otomatis yang memungkinkan pemulihan saat membuka program lagi. Pilihan lain adalah menggunakan opsi “Pulihkan Dokumen yang Tidak Tersimpan” dalam navigasi File > Info > Kelola Dokumen. Meskipun tidak dijamin akan berhasil, ini dapat mencoba mengembalikan pekerjaan yang hilang saat program macet, terutama jika program memiliki opsi pemulihan seperti ini.

Info selengkapnya bisa klik link ini.

Previous Post
Manfaat Koding Terhadap Jasa Buat Web
Next Post
Tips Merawat Laptop Bagi Perusahaan Web Developer