• Jln. Gubeng Kertajaya XC, No.19 , Surabaya
  • kritiksaran@serviskita.com
  • Jln. Gubeng Kertajaya XC, No.19 , Surabaya
  • November 16, 2022
  • 0 Comments

Perbedaan SSD dan HDD

SSD bisa dikatakan sebagai perangkat penyimpanan yang jauh lebih baik dibandingkan HDD. Komponen yang ada di dalam SSD juga tidak bergerak, sehingga kemampuan kerjanya jauh lebih cepat. Sedangkan HDD atau Hard Disk Drive adalah salah satu hardware yang digunakan untuk menyimpan data pada sebuah laptop atau computer.

gambar-ssd
ssd
gambar-hdd
hdd

Beberapa perbedaan paling mencolok antara SSD dan HDD

1. SSD dan HDD dari Cara Kerja 

HDD memproses data dengan sistem mekanik. Sedangkan, SSD memproses data dengan sistem digital.

2. SSD dan HDD dari Kecepatan Proses Data 

Menggunakan metode chip memory, pemrosesan data dalam SSD tidak memerlukan part untuk bergerak. Artinya, data diproses tanpa ada jeda. Nah.. Hal itu membuat SSD memiliki performa baca dan tulis data yang 25-100 kali lipat lebih cepat dibanding HDD. 

3. SSD dan HDD dari Ketahanan Komponen 

SSD menggunakan flash memory atau chip untuk menyimpan data. Jadi, bisa dikatakan SSD tidak memiliki komponen bergerak seperti piringan cakram pada HDD. Hal itu bisa membuat SSD lebih aman dari guncangan yang dapat mengakibatkan kerusakan

4. SSD dan HDD dari Konsumsi Energi 

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa chip yang digunakan SSD membuat SSD tidak perlu operasi mekanik. Artinya, pemrosesan data tidak membutuhkan banyak daya listrik. 

5. Kapasitas SSD dan HDD

SSD memiliki kapasitas yang lebih kecil dibanding HDD. Umumnya, komputer yang menggunakan SSD memiliki kapasitas sekitar 128 hingga 256 GB.  Nah.. Kalau HDD Memiliki Penyimpanan lebih banyak hingga 2 TB

 Maka dari itu silahkan hubungi kita jika laptopmu belum terpasang SSD dan jika kamu ingin meng upgradenya

Jadi lebih baik mana antara SSD atau HDD?

Jawabannya adalah…. ya… SSD, karena SSD dapat lebih diandalkan daripada HDD dalam dunia bisnis yang sering mengakses data dalam jumlah besar. Sebagai perbandingan, HDD biasanya hanya mampu mencapai performa tulis 50-120 MB/detik. Sedangkan SSD, bahkan yang paling lambat yaitu jenis SATA, mampu mencapai performa hingga 550 MB/detik.

Laptop kamu mulai lemot? langsung aja upgrade ke kami, dengan hubungi kami klik disini

Previous Post
Fakta Printer Inkjet yang mungkin belum diketahui
Next Post
Cara Sharing Printer Tanpa Kabel LAN

Leave a Comment