• Jln. Ngagel Jaya Indah II, No.12 , Surabaya
  • kritiksaran@serviskita.com
  • Jln. Ngagel Jaya Indah II, No.12 , Surabaya
  • July 31, 2021
  • 0 Comments

Apakah Anda orang yang sedang mengalami komputer hang yang kadang terjadi secara acak pada pada Windows 10 atau komputer atau sistem yang lambat lainnya? Hampir semua orang yang bekerja dengan komputer maupun laptop pasti pernah menghadapi masalah ketika perangkat mereka tiba- tiba hang atau macet. Tidak perlu kuatir, karena ini adalah permasalahan yang umum dengan berbagai penyebab permasalahan dan cara mengatasinya pula.

Saat komputer hang atau macet bahkan masuk ke status tidak merespons (Not Responding), banyak tidak ada yang berfungsi kecuali kursor atau penunjuk mouse. Tetapi Anda dapat memindahkan kursor mouse ke sana-sini tetapi jika Anda mengklik ikon atau tombol Start, tapi tidak ada yang berfungsi. Tidak ada program yang terbuka, tidak ada tampilan Start Menu, tidak ada apapun melainkan hanya satu hal yang berfungsi yaitu kursor mouse.

Ini tentunya membuat Anda heran karena baru saja laptop Anda berfungsi dan tidak ada tanda- tanda permasalahan sebelumnya. Terlebih lagi jika laptop mulai macet dengan random disaat Anda tengah sibuk mengerjakan pekerjaan Anda. Mari simak informasi lengkap mengapa komputer tiba- tiba menjadi macet atau hang dan cara memperbaikinya.

Aouses or months settle remove ladies appear. Engrossed suffering supposing he recommend do eagerness. Commanded no of depending extremity amiable pleased.

Alasan Mengapa  Laptop Windows Menjadi Hang

Ada berbagai alasan yang menyebabkan sistem komputer Anda membeku, crash, hang atau bekerja lamban. Jadi, berikut adalah beberapa alasan umum untuk masalah komputer yang hang yang terjadi secara acak :

  • Karena driver laptop sistem sudah ketinggalan zaman atau tidak di update
  • Adanya infeksi virus atau malware
  • Kurangnya ruang memori
  • Sistem  jadi terlalu panas
  • Perangkat lunak telah usang
  • Masalah hard drive
  • Menjalankan program yang tidak perlu
  • Tidak menginstal pembaruan Windows terbaru

Cara Mengatasi Laptop Windows yang Hang atau Lambat

Jika komputer Anda melambat secara tiba- tiba hingga hampir tersendat- sendat atau menjadi tidak responsif sama sekali, berikut ini cara memulihkan masalah tersebut serta cara mencegahnya terjadi di masa mendatang.

Memberi waktu tenang

Apabila Anda melakukan tugas yang sangat intensif CPU, terkadang beberapa hal akan macet sejenak. Namun jika sepertinya komputer Anda benar-benar terkunci, berikan waktu tenang untuk sistem berfungsi kembali.beberapa menit untuk mengejar dan menyelesaikan apa yang dilakukannya. Terkadang masalah ini tidak terlalu berat dan memberikan waktu jeda untuk istirahat pada laptop Anda adalah pilihan terbaik. Pastikan juga tidak ada masalah pada mouse Anda karena bisa jadi mouse Anda baru saja terlepas atau kehabisan baterai, yang dapat memberikan ilusi komputer Anda macet.

Akhiri program yang tidak penting

Lalu jika Windows tidak pulih atau mulai hang lagi setelah pulih, inilah saatnya untuk memilih pilihan umum yakni mengandalkan End Task. Caranya adalah menekan konfigurasi Ctrl + Alt + Delete di keyboard Anda dan pilih opsi Task Manager dari layar yang dihasilkan untuk melihat daftar program yang sedang berjalan.
 
Tapi bila salah satu dari mereka tidak merespons, pilih mereka dan klik tombol End Task. Disini Anda dapat mengakhiri program yang kiranya membuat masalah pada Windows Anda atau menutup semua program yang sedang berjalan. Anda dapat memulai ulang program kembali namun jika laptop Anda selalu macet pada saat program yang sama berjalan, Anda mungkin perlu menghapusnya dan mencari alternatif. Anda bahkan mungkin perlu mengupdate perangkat keras Anda, jika programnya sangat intensif sehingga kehabisan sumber daya.

Periksa browser task manager Anda

Terkadang, komputer Anda berfungsi dengan baik, tetapi browser Anda hanya macet di halaman tertentu yang sedang Anda buka. Jika memang berada di masalah ini, task manager Windows Anda mungkin ingin memberitahu Anda bahwa browser Anda tidak merespons. Untuk mengatasinya, masuk pada Chrome dan tekan Shift + Esc untuk melihat pengelola tugas Chrome. Sedangkan jika Anda menggunakan browser Firefox, Anda dapat membuka tombol menu dan pada tombol More > Task Manager. Dengan begini Anda akan dapat melihat berbagai proses yang berjalan di dalam browser Anda, memberi informasi tentang halaman atau ekstensi apa yang mungkin dibekukan, atau berapa banyak penggunaan CPU dan memori.

Reboot dan jalankan laptop kembali

Ctrl + Alt + Delete adalah pertolongan umum yang jika tidak berfungsi, berarti komputer Anda benar-benar terkunci, dan satu-satunya cara untuk membuatnya bergerak lagi adalah dengan pengaturan ulang secara paksa. Tekan dan tahan tombol daya hingga komputer Anda mati, lalu tekan kembali tombol daya untuk melakukan reboot kembali dari awal. Tapi jika Anda ingin memulihkan pekerjaan yang sedang Anda lakukan ketika laptop Anda hang tadi, mungkin ini dapat dilakukan jika Anda menggunakan program tertentu.
 
Ini dapat dilakukan pada program dari Microsoft yakni Excel dan Word yang mempunyai penyimpanan cadangan cadangan otomatis saat Anda bekerja dan dapat dipulihkan saat membuka program kembali. Cara lainnya adalah menggunakan navigasi di File> Info> Kelola Dokumen> Pulihkan Dokumen yang Tidak Tersimpan. Meski memang tidak ada jaminan untuk mendapatkan dokumen Anda kembali, tapi tidak ada salahnya mencoba pada program apapun yang sempat macet jika program- program tersebut mempunyai opsi pemulihan sederhana ini.

Kunjungi Serviskita Untuk upgrade laptop anda. login disini

Home

Previous Post
Manfaat Koding untuk masa depanmu
Next Post
Tips dan pentingnya merawat laptop