• Jl. Gubeng Kertajaya X C No.19, Surabaya
  • kritiksaran@serviskita.com
  • August 6, 2023
  • 0 Comments

Selang tinta printer memiliki peran penting dalam mengalirkan tinta dari cartridge ke kepala cetak. Namun, terkadang rongga udara dapat terbentuk di dalam selang tinta, menghambat aliran tinta dan menyebabkan masalah cetakan yang jelek atau bahkan printer berhenti berfungsi. Cara mengatasi masalah ini meliputi :

  1. Pastikan selang tinta tidak memiliki retakan atau kerusakan yang dapat mengakibatkan rongga udara masuk. Cek juga apakah selang tinta telah terpasang dengan benar di cartridge dan kepala cetak.
  2. Untuk menghilangkan rongga udara dalam selang tinta, gunakan injector atau pompa suntik. Masukkan ujung injector atau pompa suntik ke port selang tinta, lalu perlahan tarik tinta dari cartridge. Ulangi beberapa kali hingga rongga udara benar-benar keluar. Ini adalah cara efektif untuk mengatasi masalah aliran tinta.
  3. Beberapa printer memiliki fitur head cleaning atau pembersihan kepala cetak yang dapat membantu mengeluarkan rongga udara dalam selang tinta. Fitur ini menyemprotkan tinta secara otomatis ke dalam selang tinta untuk menghilangkan rongga udara. Aktifkan fitur head cleaning melalui driver printer untuk mengatasi masalah ini.
  4. Memanaskan printer adalah langkah yang membantu mengatasi rongga udara dalam selang tinta. Dengan mengaktifkan printer dan membiarkannya selama beberapa menit, suhu dalam printer naik. Suhu yang lebih tinggi membantu mengencerkan tinta dan mendorong rongga udara keluar dari selang tinta, memperbaiki aliran tinta yang terganggu.
  5. Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, cobalah memperbarui driver printer Anda. Driver printer yang usang atau rusak dapat menyebabkan masalah rongga udara dalam selang tinta. Perbarui driver printer ke versi terbaru yang disediakan oleh produsen printer untuk mengatasi masalah ini.

Menghadapi masalah selang tinta yang mengandung rongga udara bisa mengganggu produktivitas pencetakan Anda. Tetapi dengan langkah-langkah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah. Selalu periksa dan rawat printer dengan baik untuk mencegah kemunculan masalah serupa di kemudian hari. Untuk informasi lebih lanjut, bisa klik link ini.

Previous Post
Cara Memilih Laptop yang Baik
Next Post
Langkah-Langkah Mudah Menginstal Windows

Leave a Comment