• Jln. Ngagel Jaya Indah II, No.12 , Surabaya
  • kritiksaran@serviskita.com
  • Jln. Ngagel Jaya Indah II, No.12 , Surabaya
  • July 31, 2021
  • 0 Comments

Kita sebagai pengguna laptop tentunya ingin laptop kita bisa tetap nyaman digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, namun kebanyakan orang menyepelekan dalam hal memperhatikan dan merawat kondisi laptop dalam penggunaannya yang dapat menimbulkan kerusakan-kerusakan hal kecil. Padahal dalam merawat laptop perlu dilakukan agar komponen pada bagian laptop tetap awet dan berumur lebih lama.

Jika kita menggunakan laptop dengan baik dan  benar dalam merawatnya tentunya dapat meminimalisir akan kerusakan laptop bahkan sampai membeli laptop baru terkecuali kita perlu membeli yang baru karena faktor spesifikasi yang sudah tidak sesuai dengan kebutuhan pekerjaan saat ini. Melalui artikel  ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya mengenai tips dan pentingnya merawat laptop dengan baik dan benar berikut penjelasannya:

Aouses or months settle remove ladies appear. Engrossed suffering supposing he recommend do eagerness. Commanded no of depending extremity amiable pleased.

Pastikan Kondisi Laptop Mati Ketika Dibawa Bepergian

Kebanyakan dari kita akan langsung menutup layar laptop dan memasukkan laptop kedalam tas dan langsung membawanya pergi. Karena dengan cara ini pekerjaan kita tidak akan tertutup dan tidak perlu menunggu proses lama saat laptop akan digunakan kembali untuk bekerja.

Jika memang kita ingin membawa laptop bepergian apalagi dengan jarak yang jauh sebaiknya dalam kondisi mesin mati (shutdown).  Karena ketika kita hanya menutup layar laptop atau mode sleep ternyata masih ada beberapa komponen laptop yang masih bekerja. Bayangkan jika dibawa bepergian dalam keadaan komponen laptop yang masih bekerja lalu dimasukkan kedalam tas dalam durasi waktu yang tidak menentu laptop bisa jadi overheating.

Jangan Gunakan Laptop Baterai Kurang Dari 20% atau Sampai Laptop Mati

Cara pemakaian laptop dalam kondisi penggunaan baterai yang benar yaitu tidak membiarkan sampai benar-benar kondisi baterai habis atau laptop mati, ketika menggunakan laptop hingga kehabisan baterai saat proses charger akan membutuhkan tenaga ekstra lagi dalam mengisinya ditandai dengan indikator charger yang lama. Sebaiknya dalam melakukan charger laptop saat memasuki 30%-20%  untuk meringankan kerja baterai laptop dengan cepat dan membuatnya lebih tahan lama serta meminimalisir  akan kerusakan baterai laptop.

Gunakan Laptop Ditempat Yang Benar Dan Aman

Selain memperhatikan kondisi laptop kita juga perlu untuk memperhatikan tempat dalam menggunakan laptop dengan benar dan aman, jangan gunakan laptop dikasur atau disofa karena kasur dan sofa memiliki permukaan yang tidak padat dan datar. Karena dapat mengakibatkan aliran udara masuk dan keluar dari dalam laptop terganggu,akibatnya laptop akan menjadi lebih panas dari biasanya disebut dengan overhead. Hindari makan dan minum didekat laptop sebab makan dan minum didekat laptop bisa menjadi bahaya untuk laptop. Misal kita tidak sengaja menyenggol  minum atau makan dan menumpahi laptop bisa korsleting.

Bersihkan Laptop Secara Rutin

Kebersihan laptop juga merupakan hal penting untuk kita peratikan dan dijaga, dengan rutin membersihkan bodi laptop hal ini dapat membantu setiap komponen tetap awet dan tetap enak untuk dilihat maupun digunakan.  Untuk membersihkan laptop dengan cara terbaik saya biasanya menggunakan kuas untuk membersihkan debu dan menggunakan kapas serta alkohol untuk bodi laptop, saya lebih menggunakan kapas daripada tisue karena tekstur kapas yang lebih lembut meminimalisir akan terjadinya goresan pada laptop serta gunakan cotton bud untuk menjangkau bagian sudut-sudut sempit laptop.

Rutin Memperbarui Sistem Operasi atau Aplikasi

Terkadang masih banyak pengguna laptop yang enggan untuk update aplikasi atau software karena merasa update aplikasi atau software pada laptop banyak memakai kuota, ada yang beranggapan pula membuang-buang kuota dan membuat penyimpanan laptop semakin penuh. Padahal rutin melakukan update sistem operasi atau aplikasi merupakan bentuk perawatan software laptop. Tujuan dalam mengupdate software ini dapat mengoptimalkan kinerja laptop dan memungkinkan penggunanya menikmati fitur-fitur baru yang ditawarkan developer dan meminimalisir akan kerusakan pada sistem operasi laptop.

Setelah membaca membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda, perlu diingat jangan meremehkan kondisi laptop kesayangan anda. Saya harap kita sebagai pengguna lebih memperhatikan kondisi laptop juga selain hanya menggunakannya saja, rawatlah dengan baik-baik,hindari hal-hal yang dapat membahayakan laptop anda dengan cara yang sudah disampaikan akan sangat membantu kita untuk menekankan pengeluaran servis, membeli sebuah perangkat keras untuk laptop bahkan sampai membeli laptop baru.

Previous Post
Cara Mengatasi Laptop Windows yang Hang atau Lambat Saat Digunakan
Next Post
Tes